DPRD Kota Solok Setujui Empat Ranperda Menjadi Produk Hukum, APBD Tahun 2024 Disepakati Rp 584, 6 Miliar

DPRD Kota Solok Setujui Empat Ranperda Menjadi Produk Hukum, APBD Tahun 2024 Disepakati Rp 584, 6 Miliar

DPRD Kota Solok Setujui Empat Ranperda Menjadi Produk Hukum, APBD Tahun 2024 Disepakati Rp 584, 6 Miliar

 HORIZONE - DPRD Kota Solok menyetujui Empat Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) menjadi produk hokum melalui  Rapat paripurna  yang dipimpin  dipimpin Ketua DPRD  Hj. Nurnisma, Senin (27/11/2023), di gedung DPRD setempat.

Ikut menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda persetujuan Ranperda tersebut, diantaranya  Wakil Walikota Ramadhani Kirana Putra, unsur Forkopimda Kota Solok, Sekretaris DPRD, Asisten, Kepala OPD, para Camat, pimpinan BUMN/BUMD serta Ketua KAN, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan organisasi masyarakat lainnya.

Empat Ranperda yang disetujui DPRD Kota Solok, menurut Ketua Hj. Nurnisma meliputi Ranperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah,  Ranperda APBD Kkota Solok tahun anggaran 2024, Ranperda Perusahaan Air Minum Pincuran Gadang dan Ranperda Rencana Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sebelumnya, juru bicara DPRD Kota Solok Ade Surya Dharma,ST menyampaikan hasil pembahasan  pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kota Solok tentang empat Ranperda dimaksud.

Disampaikan, sesuai Ranperda tentang Pajak dan retribusi daerah telah dilakukan pembahsan sehingga dapat disepakati seluruhnya dengan beberapa perubahan, diantaranya pasal  9 ayat 2 taruf PBB untuk lahan produksi pangan dan ternak dijadikan  0,02 persen.

Kemudian retribusi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas untuk layanan ambulance disepakati untuk disamakan dengan yang ada di rumah sakit, yakni sebesar  RP.50.000 untuk dalam kota, dan untuk luar kota serta luar provinsi ditambah RP. 6.500 perjam.

Ade Surya Dharma juga memaparkan oerubahan untuk retribusi pelayanan kebersihan dibeberapa item pemasukan, serta Bisnis Kecil, bisnis menengah dan besar, berikut retribusi parker jalan umum, reklame dan pemanfaatan asset daerah.

Selanjutnya untuk laporan pembahasan menyangkut Ranperda APBD tahun 2024, juru bicara DPRD Kota Solok melaporkan, Pendapatan daerah sebelumnya dianggarkan sebesar RP. 584.641.073.774, sedangkan untuk belanja daerah dianggarkan sebesar Rp 602.733.459.302Berdasarkan penghitungan  antara anggaran Pendapatan dan anggaran Belanja sehingga terjadi deficit sebesar RP. 18.092.385.528, yang nanti akan diimbangi dengan pembiayaan daerah.

Terkait Ranperda Perusahaan Air Minum {incuran gadang,  sebagaimana jadwal ditetapkan tanggal 18 sampai 20 dan 25 Juni 2023, menurut Juru Bicara DPRD  Ade Surya Dharma telah dilaksanakan pembahasan oleh DPRD dan Pemerintah Daerah serta Ranperda dimaksud telah difasilitasi oleh dengan sejumlah item sebagai hasil yang direkomendasikan untuk perbaikan.

Hal serupa juga terjadi pada Ranperda Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Menurut Ade Surya Dharma, selain ada penyempurnaan tulisan dan beberapa pasal, juga dilakukan perbaikan sejumlah diksi tentang hakikat Ranperda dimaksud.

Sementara itu, menyikapi hasil pembahsan terhadap empat Ranperda tersebut, Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok sekaligus menyampaikan pandangan akhir yang dibacakan anggota DPRD setempat Harizal.

Dalam pandangannya, Fraksi Partai Golkar  menurut Harizal, pada prinsipnya menyetujui empat Ranperda tersebut sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku  untuk dapat meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik, memberikan manfaat  bagu masyarakat luas. Fraksi Golkar menilai, dengan Perda ini aka nada kepastian hokum dan legal standing sebagai paying hokum dalam menentukan arah dan kebijakan daerah, termasuk kepastian hokum arah kebijakan tentang rencana anggaran dan pengalokasian anggaran.

Namun demikian, Fraksi Golkar mengingatkan Pemerintah Kota Solok agar produk hukum yang disepakati disandarkan pada dokumen atau berita acara yang dibuat dan disepakati selama proses rangkaian pembahasan antara lembaga DPRD/Bapemperda/PAnsus DPRD dengan tim pembahasan pemerintah daerah, yang kemudian keseluruhan dukomen berita acara tersebut dijadikan satu kesatuan dokumen/lampiran dari ranperda yang akan disepakati.

Senada, Fraksi Solok Bersatu memandang hasil pembahasan Ranperda tentang Pajak daerah dan Retribusi Daerah, Ranperda APBD Kota Solok tahun 2024, Ranperda Perusahaan Air Minum Pincuran Gadang dan Ranperda Pelelolaan Perlindungan Lingkuhan Hidup, dapat diterima menjadi Perda.

Juru Bicara Fraksi DPRD Harizal mengatakan, Fraksi Siolok Bersatu memyadari, dalam rangka tertib adminsitrasi dan peningkatan kualitas sebuah produk hokum, pihaknya memandang sudah melalui kajian yang mendalam dan terarah. “ Untuk itu, kami mengapresiasi kepada seluruh panitia khusus dan pihak eksekutif yang telah menuangkan gagasan dan ide untuk kesempurnaan produk hokum daerah Kota solok,” ujarnya.

Selanjutnya, Fraksi Solok Adil Makmur menyebut, terhadap empat Ranperda yang disetujui menjadi Perda, pihaknya mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Solok dalam menuyusun Rabperda Pajak dan Retribusi daerah yang menrupakan instrument penting dalam rangka meningkatkan PAD Kota Solok, sehingga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Fraksi Solok Adil Makmur mengingatkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal pemungutan pajak dan retribusi dimaksud, tujuannya tentu untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan retribusi, sehingga perlu dilakukan peningkatan sosialisasi, edukasi dan kemudahan dalam  mengimplementasikan  materi Perda ini. “ Untuk memastikan  bahwa Perda ini dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka pemerintah daerah perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksana Perda dimaksud,” jelas Harizal.

Namun sebelum menutup pandangannya, Fraksi Solok Adil Makmir menyampaikan sejumlah saran, terkait  dengan PKL yang mendiami daerah Fasum (Fasilitas Umum), serta pengerjaan terhadap kegiatan  APBD agar jangan sampai menumpuk atau beriringan dengan kegiatan  APBD Perubahan. Hal itu diingatkan, karena berdampak pada resiko pengerjaan yang kurang  maksimal, ditambah dengan kurangnya aspek pengawasan akibat jumlah pengawas yang tidak memadai.

Kemudian dari Pandangan Fraksi Golkar, empat Ranperda yang dibahas DPRD bersama pemerintah daerah, masing-masing Ranperda Pajak dan retribusi Daerah, Ranperda APBD Tahun anggaran 2024, Ranperda Perusahaan Air Minum Pincuran gadang dan Ranperda Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dapat disekapti menjadi Perda Kota Solok.

Menyambut persetujuan tiga Fraksi yang dilaporkan juru bicara terhadap Empat Ranperda untuk menjadi Perda Kota Solok, Ketua DPRD  setempat, Hj, Nurnisma dihadapan Wakil Walikota Solok menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua fraksi, sehingga ke empat Ranperda dapat di sahkan menjadi Perda.

Mengiringi pengesahan Perda tersebut, yang ditandai dengan ketok palu Ketua DPRD, selanjutnya Sekretaris DPRD Kota Solok  langsung membacakan Keputusan DPRD Tentang persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Ranperda tentang APBD Kota Solok tahun anggaran 2024, Ranperda Perusahaan Air Minum Pincuran Gadang, Ranperda Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup sehingga dapat diungdangkan menjadi Peraturan Daerah Kota Solok.

Menyambut itu, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra dalam Pendapat akhirnya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua anggota DPRD dan TAPD Kota Solok yang telah bekerja ekstra untuk menuntaskan pembahasan hingga empat Ranperda tersebut dapat disahkan tepat waktu. “ Ini sebuah hasil kerja yang luar biasa. Kami sebagai pimpinan daerah menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa terhadap empat Ranperda yang notabene merupakan produk hukum bagi penyelengaraan pemerintahan kota Solok,” papar Ramadhani.

Menguatkan pengesahan empat Ranperda tersebut, Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma didampingi Wakil Ketua DPRD Efriyon Coneng dan Wakil Ketua Bayu Kharisma dan Wakil Walikota Ramadhani Kirana  Putra menandatangani berita acara persetujuan bersama dihadapan unsur Forkompimda Kota Solok.

(Wahyu Haryadi)

 

 

 

 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow