Tinggi Komitmen dan Keberpihakan Pemko Sawahlunto Terhadap Sektor Pertanian

Tinggi Komitmen dan Keberpihakan Pemko Sawahlunto Terhadap   Sektor Pertanian

HORIZONE - Komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto terhadap sector Pertanian, diterjemahkan melalui bantuan, penyuluhan hingga  pembukaan akses jalan ke lahan pertanian di daerah itu.

Langkah itu dilakukan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan pertanian, termasuk melaksanakan berbagai program,  pro pertanian yang diikuti oleh jajaran Pemerintahan Desa melalui alokasi dana APBDes masing - masing.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), pihaknya memberikan berbagai bantuan bagi petani. Tidak hanya bantuan ternak dan tanaman, atau alat mesin pertanian (alsintan), namun juga membantu pembukaan akses jalan menuju lahan pertanian.

"Artinya kita hadir secara nyata untuk mendukung petani dalam mengolah lahan sampai mengolah tanamannya. Pemko Sawahlunto berkomitmen mendukung petani yang merupakan pahlawan penjaga ketahanan pangan," kata Walikota Deri Asta ketika membuka kegiatan Hari Pangan Sedunia ke - 41 Tingkat Kota Sawahlunto, Selasa (26/10/2021).

Penyerahan penghargaan dari Walikota Sawahlunto Deri Asta menandai kegiatan Hari Pangan Sedunia ke - 41 Tingkat Kota Sawahlunto, Selasa (26/10/2021).

Berbagai program pro pertanian itu, menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat, Henny Purwaningsih, antara lain bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) tahun 2021 diserahkan kepada petani berupa Cultivator sejumlah 12 unit, traktor roda 2 sejumlah 4 unit, motor sprayer stick besar sejumlah 9 unit, motor sprayer stick kecil sejumlah 5 unit dan alat penyiang gulma sejumlah 5 unit.

" Petani  Sawahlunto juga menerima penyaluran Alsintan dari Anggota DPR RI, Hermanto. Rinciannya, satu unit traktor roda 4, kemudian 5 unit traktor roda 2, serta 4 unit pompa air 3 inchi," terang Henny Purwaningsih.

Kemudian dalam bentuk bantuan tanaman, telah diserahkan bibit pinang, manggis dan sejumlah tanaman lain. Sedangkan untuk bantuan ternak adalah kambing, itik dan ayam.

"Juga ada bantuan bibit ikan. Pada tahun 2020 kemaren, telah kita serahkan sebanyak 72.070 ekor bibit ikan kepada 82 orang masyarakat pembudidaya ikan," sebut Henny Purwaningsih.

Dalam mendukung pengelolaan lahan pertanian dengan membuka akses jalan, bersama OPD terkait dibantu penggunaan alat berat/eskavator. Baru - baru ini yang dibuka akses jalan ke lahan pertanian   Puncak Polan dan Bukit Cani Muaro Kalaban.

Dukungan dari pemko Sawahlunto tersebut, telah menghasilkan  prestasi  sektor pertanian berupa Juara umum dalam Penilaian Ketenagaan dan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.  

Walikota Deri Asta saksikan peragaan bibit tanaman unggul pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke - 41 Tingkat Kota Sawahlunto

Kepala Dinas  DKP3 Kota Sawahlunto, Henny Purwaningsih menyampaikan, ketenagaan dan kelembagaan penyuluh pertanian dari Sawahlunto yang telah sukses menyabet prestasi tersebut, adalah  Ely Astuti sebagai penyuluh pertanian (Pegawai Negeri Sipil/PNS) Teladan I, kemudian Sri Adianto sebagai Petani Teladan II, setelah itu Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Barangin sebagai BPP Teladan III.

"Ini menunjukkan, bahwa kompetensi dari tenaga penyuluh pertanian, petani dan BPP kita tidak kalah dengan yang lainnya di Sumbar. Bahkan sekarang bisa unggul sehingga mendapat juara umum," ujar Henny Purwaningsih.

Terkait Peringatan Hari Pangan Sedunia ke - 41 Tingkat Kota Sawahlunto, diwarnai dengan beragam kegiatan, antara lain  pameran, sosialiasi/seminar, perlombaan, penyerahan alsintan dan bibit tanaman, serta penyerahan piagam penghargaan kepada pelopor varietas padi gadang rumpun yang diperoleh almarhum  Syafei. (Ismardi/rls)

 

 

 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow